Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download SILABUS TEMATIK KELAS V Organ Gerak Hewan dan Manusia

 


SILABUS TEMATIK KELAS V

 

Tema 1          : Organ Gerak Hewan dan Manusia

Subtema 1     : Organ Gerak Hewan

Semester       : I (Satu)

KOMPETENSI INTI

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

Mata
Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

1.1  BersyukurkepadaTuhan Yang MahaEsaatasnilai-nilai Pancasila dalamkehidupansehari-hari

2.1  Bersikaptanggungjawab, cintatanah air, dan relaberkorbansesuainilai-nilaisila Pancasila 

3.1  Mengidentifikasinilai-nilai Pancasila dalamkehidupansehari-hari

4.1  Menyajikanhasilidentifikasinilai-nilai Pancasila dalamkehidupansehari-hari..

1.1.1 Mengamalkannilia-nilaipancasiladalamkehidupansehari-hari.

2.1.1 Menerapkansikap-sikap  yang sesuaidengannilai-nilai yang terkandungdalamsila Pancasila secaratepat.

3.1.1 Menunjukkan Nilai-nilaipancasila yang tedapatdalamlingkungansekitar.

4.1.1 Membuatlaporantentangnilai-nilaipancasila yang tedapatdalamkehidupansehari-hari.

·      Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila

• Mengidentifikasi dan menganalisis sikap-sikap yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila

• Mengidentifikasi dan menemukan contoh perilaku-perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila

Sikap:

• Jujur

• Disiplin

• Tanggung Jawab

• Santun

• Peduli

• Percaya diri

• Kerja Sama

 

Jurnal:

• Catatan pendidik tentang sikap peserta didik saat di sekolah maupun informasi dari orang lain

Penilaian Diri:

• Peserta didik mengisi daftar cek tentang sikap peserta didik saat di rumah, dan di sekolah

 

Pengetahuan

Tes tertulis

• Membaca bacaan tentang organ gerak hewan dan manusia.

• Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan.

• Berdiskusi menyebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.

• Mengamati gambar cerita tentang kelinci.

• Mengamati rangka organ gerak kelinci, burung, katak, ikan, dan kadal.

• Membaca bacaan gerakan ikan dalam air.

• Mengidentifikasi sikap-sikap yang sesuai denga nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila.

• Menganilisa sikap-sikap yang sesuai dengan sila-sila pancasila.

• Menentukan ide pokok dari cerita teman.

• Mengidentifikasi kondisi geografis pulau-pulau di Indonesia.

• Mengidentifikasi perilaku-perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.

• Menentukan perbedaan hewan vertebrata dan avertebrata.

• Menentukan ide pokok dari bacaan.

• Menemukan ide pokok masing-masing paragraf.

• Menggali informasi dari bacaan untuk dituangkan ke dalam bentuk gambar cerita.

 

Keterampilan

Praktik/Kinerja

• Menulis dan  mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf.

• Menyebutkan organ gerak hewan dan manusia, menentukan ide pokok bacaan

• Menceritakan gambar tentang kelinci.

• Membuat model kerangka dari kertas karton.

• Menyebutkan organ gerak hewan vertebrata.

• Menyebutkan dan menuliskan sikap-sikap yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila dan menemukan serta menuliskan ide pokok bacaan.

• Menyebutkan kondisi geografis wilayah Indonesia.

• Membaca bacaan mengenai perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur dalam sila-sila Pancasila yaitu gotong royong.

• Membuat model hewan avertebrata dari plastisin.

• Membuat gambar ilustrasi sesuai teks bacaan.

• Menyusun cerita dengan menentukan ide pokok terlebih dahulu.

• Menyebutkan organ gerak hewan vertebrata dan hewan avertebrata.

24 JP

·      Buku Guru

·      BukuSiswa

·      Lingkungan

Bahasa Indonesia

3.1   Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis

4.1   Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.

3.1.1 Menunjukkanpokokpikiran pada sebuahparagaraf

4.1.1 Mengidentifikasipokokpikiran yang terdapatdalamsebuahteks.

4.1.2  Menunjukkanpokokpikirandarisebuahpercakapan.

·      Teks tentang organ gerak hewan dan manusia

·      Ide pokok dari paragraf

·      Cerita berdasarkan gambar

 

• Menyusun ceritadenganmenentukan ide pokok

• Menggaliinformasidaribacaanuntukdituangkankedalambentukgambarcerita

• Menulis dan mengembangkan ide pokokmenjadisebuahparagraf

• Berdiskusimenyebutkanpengertian, fungsi, dan caramenentukan ide pokokbacaan

• Menentukan ide pokoksetiapparagrafdalambacaan

• Mengamati dan menceritakangambarceritatentangkelinci

• Membacabacaangerakhewan

• Di KandangKelinci

• Merangkaisebuahceritaberdasarkangambar

• Membacateksberkaitandengangerakhewan

IlmuPengetahuanAlam

3.1 Menjelaskanalatgerak dan fungsinya pada hewan dan manusiasertacaramemeliharakesehatanalatgerakmanusia

4.1 Membuat model sederhanaalatgerakmanusiaatauhewan

3.1.1 Menghafalalatgerak dan fungsinya pada hewan dan manusia.

3.1.2  Menjelaskancaramemeliharakesehatanalatgerakmanusia

3.1.3 Menyebutkanhewan yang termasukhewan vertebrata dan hewan yang termasukarvebrata.

4.1.1 Menciptakan model alatgerakdarikawat

Rangka organ gerakhewan (kelinci, burung, katak, ikan, dan kadal)

 

 

Organ gerakhewan vertebrata dan hewanavertebrata

 

Organ gerakmanusia:

·      Gambar tulang

·      Jenis Tulang

·      Fungsi Tulang

·      Manfaat organ gerak manusia

 

Ototmanusia:

·      Bentuk dan letakototmanusia

·      Macam-macamgerakotot

·      Kelainan/gangguan  ototpadamanusia

• Membacabacaantentang organ gerakhewan dan manusia

• Mengamatirangka organ gerakkelinci, burung, katak, ikan, dan kadal

• Menyebutkan organ gerakhewan vertebrata dan hewanavertebrata

IlmuPengetahuan Sosial

3.1  Mengidentifikasikarakteristikgeografis Indonesia sebagai negara  kepulauan/ maritim dan agrarissertapengaruhnyaterhadapkehidupanekonomi, sosial, budaya, komunikasisertatransportasi

4.1  Menyajikanhasilidentifikasikarakteristikgeografis Indonesia sebagai negara  kepulauan/ maritim dan agrarissertapengaruhnyaterhadapkehidupanekonomi, sosial, budaya, komunikasisertatransportasi.

3.1.1 Mencaripengaruhekonomi, sosial dan budayaterhadapletakgeografis Indonesia

3.1.2 Menunjukkanperubahanalam yang di sebabkan oleh perilakumanusia.

4.1.1 Menuliskantentangperilakumanusia yang mempengaruhiPerubahanalam.

4.1.2 Menggambarletakgeografistempattinggal Mains-masing sesuai peta.

·  Kondisigeografis Indonesia

·  Potensikekayaanalam Indonesia

·  Kepadatanpenduduktiapprovinsi

·  Keberagamanpenduduk di daerahtempattinggalnya

·  Kenampakanalam dan buatan

·  Keragaman flora dan fauna di Indonesia

·  Kebudayaandaerah

• Menyebutkankeragaman flora dan fauna sesuaidengankondisigeografis wilayah di Indonesia

• Mengidentifikasipotensikekayaanalambangsa Indonesia

Seni Budaya dan Prakarya

3.1  Memahami gambar cerita

4.1  Membuat gambar cerita

3.1.1 Menceritakanulangcerita yang terdapat pada gambar

3.1.2 Menyusun ceritaberdasarkangambar.

4.1.1 Menentukan ide pokoksebuahgambar

4.1.2 Membuatsebuahceritadarigambar.

·  Gambarcerita/komiktentangorgan gerakmanusia

• Melakukangerakanmelempar dan menangkap

 

 

 

 

 

 

Tema 1          : Organ Gerak Hewan dan Manusia

Subtema 2     : Manusia dan Lingkungan.

 

Mata
Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

1.1  BersyukurkepadaTuhan Yang MahaEsaatasnilai-nilai Pancasila dalamkehidupansehari-hari

2.1  Bersikaptanggungjawab, cintatanah air, dan relaberkorbansesuainilai-nilaisila Pancasila 

3.1  Mengidentifikasinilai-nilai Pancasila dalamkehidupansehari-hari

4.1  Menyajikanhasilidentifikasinilai-nilai Pancasila dalamkehidupansehari-hari

1.1.1 Mengamalkannilainilaipancasila pada kehidupamsehari-hari.

2.1.1 Menerapkansikap yang sesuaidengannilai-nilaipancasila.

3.1.1 Mengetahuinilai-nilaipancasila yang terdapat pada kehidupamsehari- hari.

4.1.1 Mengidentifikasiperilaku yang tidaksesuaidengannilai- nilaipancasila.

·      Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila

Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

Sikap:

• Jujur

• Disiplin

• Tanggung Jawab

• Santun

• Peduli

• Percaya diri

• Kerja Sama

 

Jurnal:

• Catatan pendidik tentang sikap peserta didik saat di sekolah maupun informasi dari orang lain

Penilaian Diri:

• Peserta didik mengisi daftar cek tentang sikap peserta didik saat di rumah, dan di sekolah

 

Pengetahuan

Tes tertulis

• Mengamati gambar yang berkaitan dengan aktivitas yang memanfaatkan kerja organ gerak manusia.

• Mengamati gambar tulang sebagai salah satu organ gerak manusia.

• Mendiskusikan untuk memahami fungsi masing-masing tulang pada manusia.

• Mengolah informasi dari bacaan dan menentukan ide pokok dari setiap paragraf.

• Mengidentifikasi potensi kekayaan alam bangsa Indonesia.

• Mengamati peta kepadatan penduduk tiap-tiap provinsi.

• Mengamati peta asal suku-suku bangsa yang ada di Indonesia.

• Berdiskusi tentang daerah-daerah persebaran agama di Indonesia pada peta.

• Mengamati gambar kenampakan alam buatan dan kenampakan alam.

• Memahami kondisi iklim di Indonesia.

• Mengidentifikasi keragaman flora dan fauna di Indonesia.

• Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

• Memahami dan menemukan ide pokok bacaan.

• Mengidentifikasi manfaat fungsi dan macam-macam otot manusia.

 

Keterampilan

Praktik/Kinerja

• Membaca bacaan tentang kegiatan bersepeda dan manfaatnya.

• Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan.

• Menulis dan  mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf.

• Menyebutkan dan menunjukkan berbagai jenis tulang sebagai organ gerak pada manusia.

• Berkreasi membuat sampul buku.

• Membaca dan menulis untuk menentukan ide pokok dari bacaan.

• Wawancara keberagaman penduduk di daerah tempat tinggalnya.

• Menyebutkan bentang alam masing-masing pulau besar di Indonesia.

• Menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf.

• Membuat model sederhana dengan bahan styrofoam.

• Menyebutkan macam-macam gerak otot.

• Menemukan ide pokok masing-masing paragraf.

• Membuat karya cover sesuai bacaan.

24 JP

·      Buku Guru

·      BukuSiswa

·      Lingkungan

Bahasa Indonesia

3.1   Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis

4.1   Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.

3.1.1 Menunjukan ide pokok pada pargaraf.

4.1.1 Menuliskan ide pokok masing- masing paragaf pada bacaan.

·      Teks tentang organ gerak hewan dan manusia

·      Ide pokok dari paragraf

·      Cerita berdasarkan gambar

 

Menentukan ide pokoksetiap paragraph dalambacaan.

Menulis dan mengembangkan ide pokokmenjadisebuahparagraf

Mengolahinformasidaribacaan dan menentukan ide pokokdarisetiapparagraf

Membaca dan menulisuntukmenentukan ide pokokdaribacaan

IlmuPengetahuanAlam

3.1 Menjelaskanalatgerak dan fungsinya pada hewan dan manusiasertacaramemeliharakesehatanalatgerakmanusia

4.1 Membuat model sederhanaalatgerakmanusiaatauhewan

3.1.1 identifikasi organ gerak pada Manusia

3.1.2 Mengetahuiotot-otot pada manusia.

4.1.1 Menggambar organ gerak

Rangka organ gerakhewan (kelinci, burung, katak, ikan, dan kadal)

 

 

Organ gerakhewan vertebrata dan hewanavertebrata

 

Organ gerakmanusia:

·      Gambar tulang

·      Jenis Tulang

·      Fungsi Tulang

·      Manfaat organ gerak manusia

 

Ototmanusia:

·      Bentuk dan letakototmanusia

·      Macam-macamgerakotot

·      Kelainan/gangguan  ototpadamanusia

Mengamatigambar yang berkaitandenganaktivitas yang memanfaatkankerja organ gerakmanusia

Membacabacaantentang organ gerakhewan dan manusia

Mengamatigambartulangsebagai salah satu organ gerakmanusia

Menyebutkan dan menunjukkanberbagaijenistulangsebagai organ gerak pada manusia

Mengidentifikasimanfaatkeragaman flora dan fauna sebagaisumbermakananbagikesehatan organ gerak

Diskusiuntukmemahamifungsi masing-masing tulang pada manusia

Mengamatigambarkenampakanalam dan buatan

Mengidentifikasimanfaat organ gerakmanusia

Menggambarbentuk dan letakotot-otot pada manusia

Menyebutkanmacam-macamgerakotot

Menggambar organ gerakmanusia

IlmuPengetahuan Sosial

3.1  Mengidentifikasikarakteristikgeografis Indonesia sebagai negara  kepulauan/ maritim dan agrarissertapengaruhnyaterhadapkehidupanekonomi, sosial, budaya, komunikasisertatransportasi

4.1  Menyajikanhasilidentifikasikarakteristikgeografis Indonesia sebagai negara  kepulauan/ maritim dan agrarissertapengaruhnyaterhadapkehidupanekonomi, sosial, budaya, komunikasisertatransportasi

3.1.1 Mengetahuikenampakanalambuatan dan bukanbuatan.

3.1.2 Menyebutkanpulaubesar di Indonesia, kondisiiklim di Indonesia.

3.1.3 Mengidentifikasikeragaman flora dan fauna di Indonesia

4.1.1 Mencariinformasimengenaikondisigeografis Indonesia

·  Kondisigeografis Indonesia

·  Potensikekayaanalam Indonesia

·  Kepadatanpenduduktiapprovinsi

·  Keberagamanpenduduk di daerahtempattinggalnya

·  Kenampakanalam dan buatan

·  Keragaman flora dan fauna di Indonesia

·  Kebudayaandaerah

       Mengidentifikasipotensikekayaanalambangsa Indonesia

Mengamati peta kepadatanpenduduktiap-tiapprovinsi

Mencari data tentangjumlahpenduduk di daerahtempattinggalnya

Menyebutkankondisigeografis masing-masing pulaubesar di Indonesia

Memahamikondisiiklim di Indonesia

Seni Budaya dan Prakarya

3.1  Memahami gambar cerita

4.1  Membuat gambar cerita

3.1.1 Menjelaskancerita yang terdapatdalamsebuahgambar.

4.1.1 Membuatcerita yang berbentukgambar.

·  Gambarcerita/komiktentangorgan gerakmanusia

Melakukangerakanmenendang, menerima, dan menggiring bola

Menentukan ide pokokdari masing-masing paragraf

 

 

Tema 1          : Organ Gerak Hewan dan Manusia

Subtema 3     : Lingkungann dan Manfaatnya

 

Mata
Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

1.1  BersyukurkepadaTuhan Yang MahaEsaatasnilai-nilai Pancasila dalamkehidupansehari-hari

2.1  Bersikaptanggungjawab, cintatanah air, dan relaberkorbansesuainilai-nilaisila Pancasila 

3.1  Mengidentifikasinilai-nilai Pancasila dalamkehidupansehari-hari

4.1  Menyajikanhasilidentifikasinilai-nilai Pancasila dalamkehidupansehari-hari

1.1.1 Mengamalkannilai- nilaipancasila.

2.1.1 Menunjukansikapyangssesuaidengannili-nilaipancasila.

3.1.1 Identifikasiperilaku yang sesuaidengannilai- nilaipancasila.

4.1.1 Membuatlaporanperilaku yang    sesuaidengannilai- nilaipancasila.

·      Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila

Membuat laporan tentang perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

Sikap:

• Jujur

• Disiplin

• Tanggung Jawab

• Santun

• Peduli

• Percaya diri

• Kerja Sama

 

Jurnal:

• Catatan pendidik tentang sikap peserta didik saat di sekolah maupun informasi dari orang lain

Penilaian Diri:

• Peserta didik mengisi daftar cek tentang sikap peserta didik saat di rumah, dan di sekolah

 

Pengetahuan

Tes tertulis

• Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan.

• Mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf.

• Mengamati gambar berbagai kelainan tulang sebagai salah satu organ gerak manusia.

• Mengolah informasi dari bacaan dan menentukan ide pokok dari setiap paragraf.

• Mengidentifikasi potensi kekayaan alam bangsa Indonesia.

• Mengidentifikasi pengaruh kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat.

• Mengidentifikasi pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap budaya masyarakat.

• Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

• Mengidentifikasi macam-macam kelainan, gangguan, atau penyakit pada otot.

• Menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf.

 

Keterampilan

Praktik/Kinerja

• Menyebutkan dan menunjukkan berbagai jenis tulang sebagai organ gerak pada manusia.

• Membuat model penderita kelainan tulang.

• Membuat kliping pengaruh kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat.

• Membaca dan menulis, serta menentukan ide pokok dari bacaan.

• Membuat laporan tentang perilaku yang seusai dengan nilai-nilai Pancasila.

• Menyebutkan asal daerah beberapa identitas budaya.

• Menyebutkan nama bandara dan pelabuhan yang ada di Indonesia.

• Menemukan ide pokok bacaan tentang geografis Indonesia.

• Membuat komik.

• Menyebutkan macam-macam gerak otot.

• Menemukan ide pokok masing-masing paragraf.

• Menggambar gambar cerita.

• Menggambar komik sesuai teks.

24 JP

·      Buku Guru

·      BukuSiswa

·      Lingkungan

Bahasa Indonesia

3.1   Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis

4.1   Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.

3.1.1 Menentukan ide pokoktiap-tiapparagraf pada bacaan

4.1.1 Menulislaporan ide pokokdaribacaan.

·      Teks tentang organ gerak hewan dan manusia

·      Ide pokok dari paragraf

·      Cerita berdasarkan gambar

 

Menentukan ide pokoksetiap paragraph dalambacaan

Mengembangkan ide pokokmenjadisebuahparagraf.

Mengolahinformasidaribacaan dan menentukan ide pokokdarisetiapparagraf

       Menggaliinformasidaribacaanuntukdituangkankedalambentukgambarcerita

 

IlmuPengetahuanAlam

3.1 Menjelaskanalatgerak dan fungsinya pada hewan dan manusiasertacaramemeliharakesehatanalatgerakmanusia

4.1 Membuat model sederhanaalatgerakmanusiaatauhewan

3.1.1 Menyebutkanmacamgerakototmanusia

4.1.1 Membuatalatgerkamanusiadaritanahliat.

Rangka organ gerakhewan (kelinci, burung, katak, ikan, dan kadal)

 

 

Organ gerakhewan vertebrata dan hewanavertebrata

 

Organ gerakmanusia:

·      Gambar tulang

·      Jenis Tulang

·      Fungsi Tulang

·      Manfaat organ gerak manusia

 

Ototmanusia:

·      Bentuk dan letakototmanusia

·      Macam-macamgerakotot

·      Kelainan/gangguan  ototpadamanusia

Mengamatigambartulangmanusia

Menyebutkanberbagaijenistulangmanusia

Diskusimengenaifungsitulang pada manusia

Menyebutkankelainanototakibatkesalahangerak

IlmuPengetahuan Sosial

3.1  Mengidentifikasikarakteristikgeografis Indonesia sebagai negara  kepulauan/ maritim dan agrarissertapengaruhnyaterhadapkehidupanekonomi, sosial, budaya, komunikasisertatransportasi

4.1  Menyajikanhasilidentifikasikarakteristikgeografis Indonesia sebagai negara  kepulauan/ maritim dan agrarissertapengaruhnyaterhadapkehidupanekonomi, sosial, budaya, komunikasisertatransportasi

3.1.1 Mengidentifikasikekayaanalam  dan keberagaman yang di milikibangsa Indonesia.

4.1.1 Membuatklipingpengaruhkondisigeografibangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauanterhadapkondisisosial dan ekonomimasyarakat.

·  Kondisigeografis Indonesia

·  Potensikekayaanalam Indonesia

·  Kepadatanpenduduktiapprovinsi

·  Keberagamanpenduduk di daerahtempattinggalnya

·  Kenampakanalam dan buatan

·  Keragaman flora dan fauna di Indonesia

·  Kebudayaandaerah

Mengidentifikasipotensikekayaanalambangsa Indonesia

Mengidentifikasipengaruhkondisigeografisbangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauanterhadapkondisisosial dan ekonomimasyarakat

Membuatklipingpengaruhkondisigeografisbangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauanterhadapkondisisosial dan ekonomimasyarakat

Menyebutkanasaldaerahbeberapaidentitasbudaya

Menjelaskanfungsibandara dan pelabuhan yang ada di daerahnya

Mengidentifikasipengaruhkondisigeografis Indonesia terhadapbudayamasyarakat

Seni Budaya dan Prakarya

3.1  Memahami gambar cerita

4.1  Membuat gambar cerita

3.1.1 Menceritakancerita yang ada pada gambar.

4.1.1 Membuatkomiksesuaiteks.

·  Gambarcerita/komiktentangorgan gerakmanusia

Membuatkomikatauceritabergambarberdasarkanteks

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Bandar Lampung,    Agustus 2022

Guru Kelas 5

 

 

 

 

Post a Comment for "Download SILABUS TEMATIK KELAS V Organ Gerak Hewan dan Manusia"