Download SILABUS TEMATIK KELAS V Organ Gerak Hewan dan Manusia
SILABUS TEMATIK KELAS V
Tema 1 : Organ Gerak Hewan dan Manusia
Subtema 1 : Organ
Gerak Hewan
Semester : I (Satu)
KOMPETENSI
INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan tetangga.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
|
Mata |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
1.1 BersyukurkepadaTuhan Yang MahaEsaatasnilai-nilai Pancasila
dalamkehidupansehari-hari 2.1 Bersikaptanggungjawab, cintatanah air, dan
relaberkorbansesuainilai-nilaisila Pancasila
3.1 Mengidentifikasinilai-nilai Pancasila dalamkehidupansehari-hari 4.1 Menyajikanhasilidentifikasinilai-nilai Pancasila dalamkehidupansehari-hari.. |
1.1.1 Mengamalkannilia-nilaipancasiladalamkehidupansehari-hari. 2.1.1 Menerapkansikap-sikap yang sesuaidengannilai-nilai yang
terkandungdalamsila Pancasila secaratepat. 3.1.1 Menunjukkan
Nilai-nilaipancasila yang tedapatdalamlingkungansekitar. 4.1.1 Membuatlaporantentangnilai-nilaipancasila
yang tedapatdalamkehidupansehari-hari. |
· Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila |
• Mengidentifikasi dan menganalisis sikap-sikap yang
sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila • Mengidentifikasi dan menemukan contoh
perilaku-perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam
sila-sila Pancasila |
Sikap: • Jujur • Disiplin • Tanggung Jawab • Santun • Peduli • Percaya diri • Kerja Sama Jurnal: • Catatan pendidik tentang sikap peserta didik
saat di sekolah maupun informasi dari orang lain Penilaian Diri: • Peserta didik mengisi daftar cek tentang sikap
peserta didik saat di rumah, dan di sekolah Pengetahuan Tes tertulis • Membaca bacaan tentang organ gerak hewan dan
manusia. • Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam
bacaan. • Berdiskusi menyebutkan pengertian, fungsi, dan
cara menentukan ide pokok bacaan. • Mengamati gambar cerita tentang kelinci. • Mengamati rangka organ gerak kelinci, burung,
katak, ikan, dan kadal. • Membaca bacaan gerakan ikan dalam air. • Mengidentifikasi sikap-sikap yang sesuai denga
nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila. • Menganilisa sikap-sikap yang sesuai dengan
sila-sila pancasila. • Menentukan ide pokok dari cerita teman. • Mengidentifikasi kondisi geografis pulau-pulau
di Indonesia. • Mengidentifikasi perilaku-perilaku yang sesuai
dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila. • Menentukan perbedaan hewan vertebrata dan avertebrata. • Menentukan ide pokok dari bacaan. • Menemukan ide pokok masing-masing paragraf. • Menggali informasi dari bacaan untuk dituangkan
ke dalam bentuk gambar cerita. Keterampilan Praktik/Kinerja • Menulis dan
mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf. • Menyebutkan organ gerak hewan dan manusia,
menentukan ide pokok bacaan • Menceritakan gambar tentang kelinci. • Membuat model kerangka dari kertas karton. • Menyebutkan organ gerak hewan vertebrata. • Menyebutkan dan menuliskan sikap-sikap yang
sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila dan
menemukan serta menuliskan ide pokok bacaan. • Menyebutkan kondisi geografis wilayah
Indonesia. • Membaca bacaan mengenai perilaku yang sesuai
dengan nilai-nilai luhur dalam sila-sila Pancasila yaitu gotong royong. • Membuat model hewan avertebrata dari plastisin. • Membuat gambar ilustrasi sesuai teks bacaan. • Menyusun cerita dengan menentukan ide pokok
terlebih dahulu. • Menyebutkan organ gerak hewan vertebrata dan
hewan avertebrata. |
24 JP |
·
Buku
Guru ·
BukuSiswa ·
Lingkungan |
|
Bahasa Indonesia |
3.1 Menentukan
pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis 4.1 Menyajikan
hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan,
tulis, dan visual. |
3.1.1 Menunjukkanpokokpikiran
pada sebuahparagaraf 4.1.1 Mengidentifikasipokokpikiran
yang terdapatdalamsebuahteks. 4.1.2 Menunjukkanpokokpikirandarisebuahpercakapan. |
·
Teks tentang organ gerak hewan dan manusia ·
Ide pokok dari paragraf ·
Cerita berdasarkan gambar |
•
Menyusun ceritadenganmenentukan ide pokok •
Menggaliinformasidaribacaanuntukdituangkankedalambentukgambarcerita •
Menulis dan mengembangkan ide pokokmenjadisebuahparagraf •
Berdiskusimenyebutkanpengertian, fungsi, dan caramenentukan ide pokokbacaan •
Menentukan ide pokoksetiapparagrafdalambacaan •
Mengamati dan menceritakangambarceritatentangkelinci •
Membacabacaangerakhewan • Di
KandangKelinci •
Merangkaisebuahceritaberdasarkangambar •
Membacateksberkaitandengangerakhewan |
|||
|
IlmuPengetahuanAlam |
3.1 Menjelaskanalatgerak
dan fungsinya pada hewan dan
manusiasertacaramemeliharakesehatanalatgerakmanusia 4.1 Membuat
model sederhanaalatgerakmanusiaatauhewan |
3.1.1 Menghafalalatgerak
dan fungsinya pada hewan dan manusia. 3.1.2 Menjelaskancaramemeliharakesehatanalatgerakmanusia 3.1.3 Menyebutkanhewan
yang termasukhewan vertebrata dan hewan yang termasukarvebrata. 4.1.1 Menciptakan
model alatgerakdarikawat |
Rangka organ gerakhewan (kelinci, burung, katak, ikan, dan kadal) Organ gerakhewan vertebrata dan hewanavertebrata Organ gerakmanusia: ·
Gambar tulang ·
Jenis Tulang ·
Fungsi Tulang ·
Manfaat organ gerak manusia Ototmanusia: ·
Bentuk
dan letakototmanusia ·
Macam-macamgerakotot ·
Kelainan/gangguan ototpadamanusia |
•
Membacabacaantentang organ gerakhewan dan manusia •
Mengamatirangka organ gerakkelinci, burung, katak, ikan, dan kadal •
Menyebutkan organ gerakhewan vertebrata dan hewanavertebrata |
|||
|
IlmuPengetahuan Sosial |
3.1 Mengidentifikasikarakteristikgeografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/
maritim dan agrarissertapengaruhnyaterhadapkehidupanekonomi, sosial, budaya,
komunikasisertatransportasi 4.1 Menyajikanhasilidentifikasikarakteristikgeografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/
maritim dan agrarissertapengaruhnyaterhadapkehidupanekonomi, sosial, budaya,
komunikasisertatransportasi. |
3.1.1 Mencaripengaruhekonomi,
sosial dan budayaterhadapletakgeografis Indonesia 3.1.2 Menunjukkanperubahanalam
yang di sebabkan oleh perilakumanusia. 4.1.1 Menuliskantentangperilakumanusia
yang mempengaruhiPerubahanalam. 4.1.2 Menggambarletakgeografistempattinggal
Mains-masing sesuai peta. |
· Kondisigeografis Indonesia · Potensikekayaanalam Indonesia · Kepadatanpenduduktiapprovinsi · Keberagamanpenduduk di daerahtempattinggalnya · Kenampakanalam dan buatan · Keragaman flora dan fauna di
Indonesia · Kebudayaandaerah |
•
Menyebutkankeragaman flora dan fauna sesuaidengankondisigeografis wilayah di
Indonesia •
Mengidentifikasipotensikekayaanalambangsa Indonesia |
|||
|
Seni Budaya dan Prakarya |
3.1 Memahami
gambar cerita 4.1 Membuat
gambar cerita |
3.1.1 Menceritakanulangcerita
yang terdapat pada gambar 3.1.2 Menyusun
ceritaberdasarkangambar. 4.1.1 Menentukan
ide pokoksebuahgambar 4.1.2 Membuatsebuahceritadarigambar. |
· Gambarcerita/komiktentangorgan gerakmanusia |
• Melakukangerakanmelempar
dan menangkap |
Tema 1 : Organ Gerak Hewan dan Manusia
Subtema 2 : Manusia dan Lingkungan.
|
Mata |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
1.1 BersyukurkepadaTuhan Yang MahaEsaatasnilai-nilai Pancasila
dalamkehidupansehari-hari 2.1 Bersikaptanggungjawab, cintatanah air, dan
relaberkorbansesuainilai-nilaisila Pancasila
3.1 Mengidentifikasinilai-nilai Pancasila dalamkehidupansehari-hari 4.1 Menyajikanhasilidentifikasinilai-nilai Pancasila
dalamkehidupansehari-hari |
1.1.1 Mengamalkannilainilaipancasila
pada kehidupamsehari-hari. 2.1.1 Menerapkansikap
yang sesuaidengannilai-nilaipancasila. 3.1.1 Mengetahuinilai-nilaipancasila
yang terdapat pada kehidupamsehari- hari. 4.1.1 Mengidentifikasiperilaku
yang tidaksesuaidengannilai- nilaipancasila. |
· Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila |
• Mengidentifikasi
perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila |
Sikap: • Jujur • Disiplin • Tanggung Jawab • Santun • Peduli • Percaya diri • Kerja Sama Jurnal: • Catatan pendidik tentang sikap peserta didik
saat di sekolah maupun informasi dari orang lain Penilaian Diri: • Peserta didik mengisi daftar cek tentang sikap
peserta didik saat di rumah, dan di sekolah Pengetahuan Tes tertulis • Mengamati gambar yang berkaitan dengan
aktivitas yang memanfaatkan kerja organ gerak manusia. • Mengamati gambar tulang sebagai salah satu
organ gerak manusia. • Mendiskusikan untuk memahami fungsi
masing-masing tulang pada manusia. • Mengolah informasi dari bacaan dan menentukan
ide pokok dari setiap paragraf. • Mengidentifikasi potensi kekayaan alam bangsa
Indonesia. • Mengamati peta kepadatan penduduk tiap-tiap
provinsi. • Mengamati peta asal suku-suku bangsa yang ada
di Indonesia. • Berdiskusi tentang daerah-daerah persebaran
agama di Indonesia pada peta. • Mengamati gambar kenampakan alam buatan dan
kenampakan alam. • Memahami kondisi iklim di Indonesia. • Mengidentifikasi keragaman flora dan fauna di
Indonesia. • Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dan tidak
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. • Memahami dan menemukan ide pokok bacaan. • Mengidentifikasi manfaat fungsi dan macam-macam
otot manusia. Keterampilan Praktik/Kinerja • Membaca bacaan tentang kegiatan bersepeda dan
manfaatnya. • Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam
bacaan. • Menulis dan
mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf. • Menyebutkan dan menunjukkan berbagai jenis
tulang sebagai organ gerak pada manusia. • Berkreasi membuat sampul buku. • Membaca dan menulis untuk menentukan ide pokok
dari bacaan. • Wawancara keberagaman penduduk di daerah tempat
tinggalnya. • Menyebutkan bentang alam masing-masing pulau
besar di Indonesia. • Menentukan ide pokok dari masing-masing
paragraf. • Membuat model sederhana dengan bahan styrofoam. • Menyebutkan macam-macam gerak otot. • Menemukan ide pokok masing-masing paragraf. • Membuat karya cover sesuai bacaan. |
24 JP |
·
Buku
Guru ·
BukuSiswa ·
Lingkungan |
|
Bahasa Indonesia |
3.1 Menentukan
pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis 4.1 Menyajikan
hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan,
tulis, dan visual. |
3.1.1 Menunjukan
ide pokok pada pargaraf. 4.1.1 Menuliskan
ide pokok masing- masing paragaf pada bacaan. |
·
Teks tentang organ gerak hewan dan manusia ·
Ide pokok dari paragraf ·
Cerita berdasarkan gambar |
• Menentukan ide pokoksetiap paragraph
dalambacaan. • Menulis dan mengembangkan ide pokokmenjadisebuahparagraf • Mengolahinformasidaribacaan dan menentukan
ide pokokdarisetiapparagraf • Membaca dan menulisuntukmenentukan ide
pokokdaribacaan |
|||
|
IlmuPengetahuanAlam |
3.1 Menjelaskanalatgerak
dan fungsinya pada hewan dan manusiasertacaramemeliharakesehatanalatgerakmanusia 4.1 Membuat
model sederhanaalatgerakmanusiaatauhewan |
3.1.1 identifikasi
organ gerak pada Manusia 3.1.2 Mengetahuiotot-otot
pada manusia. 4.1.1 Menggambar
organ gerak |
Rangka organ gerakhewan (kelinci, burung, katak, ikan, dan kadal) Organ gerakhewan vertebrata dan hewanavertebrata Organ gerakmanusia: ·
Gambar tulang ·
Jenis Tulang ·
Fungsi Tulang ·
Manfaat organ gerak manusia Ototmanusia: ·
Bentuk
dan letakototmanusia ·
Macam-macamgerakotot ·
Kelainan/gangguan ototpadamanusia |
• Mengamatigambar yang berkaitandenganaktivitas
yang memanfaatkankerja organ gerakmanusia • Membacabacaantentang organ gerakhewan dan
manusia • Mengamatigambartulangsebagai salah satu organ
gerakmanusia • Menyebutkan dan menunjukkanberbagaijenistulangsebagai
organ gerak pada manusia • Mengidentifikasimanfaatkeragaman flora dan
fauna sebagaisumbermakananbagikesehatan organ gerak • Diskusiuntukmemahamifungsi masing-masing
tulang pada manusia • Mengamatigambarkenampakanalam dan buatan • Mengidentifikasimanfaat organ gerakmanusia • Menggambarbentuk dan letakotot-otot pada
manusia • Menyebutkanmacam-macamgerakotot • Menggambar organ gerakmanusia |
|||
|
IlmuPengetahuan Sosial |
3.1 Mengidentifikasikarakteristikgeografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/
maritim dan agrarissertapengaruhnyaterhadapkehidupanekonomi, sosial, budaya,
komunikasisertatransportasi 4.1 Menyajikanhasilidentifikasikarakteristikgeografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/
maritim dan agrarissertapengaruhnyaterhadapkehidupanekonomi, sosial, budaya,
komunikasisertatransportasi |
3.1.1 Mengetahuikenampakanalambuatan
dan bukanbuatan. 3.1.2 Menyebutkanpulaubesar
di Indonesia, kondisiiklim di Indonesia. 3.1.3 Mengidentifikasikeragaman
flora dan fauna di Indonesia 4.1.1 Mencariinformasimengenaikondisigeografis
Indonesia |
· Kondisigeografis Indonesia · Potensikekayaanalam Indonesia · Kepadatanpenduduktiapprovinsi · Keberagamanpenduduk di daerahtempattinggalnya · Kenampakanalam dan buatan · Keragaman flora dan fauna di
Indonesia · Kebudayaandaerah |
• Mengidentifikasipotensikekayaanalambangsa
Indonesia • Mengamati peta
kepadatanpenduduktiap-tiapprovinsi • Mencari data tentangjumlahpenduduk di
daerahtempattinggalnya • Menyebutkankondisigeografis masing-masing
pulaubesar di Indonesia • Memahamikondisiiklim di Indonesia |
|||
|
Seni Budaya dan Prakarya |
3.1 Memahami
gambar cerita 4.1 Membuat
gambar cerita |
3.1.1 Menjelaskancerita
yang terdapatdalamsebuahgambar. 4.1.1 Membuatcerita
yang berbentukgambar. |
· Gambarcerita/komiktentangorgan gerakmanusia |
• Melakukangerakanmenendang, menerima, dan
menggiring bola • Menentukan ide pokokdari masing-masing
paragraf |
Tema 1 : Organ Gerak Hewan dan Manusia
Subtema 3 : Lingkungann dan Manfaatnya
|
Mata |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
1.1 BersyukurkepadaTuhan Yang MahaEsaatasnilai-nilai Pancasila
dalamkehidupansehari-hari 2.1 Bersikaptanggungjawab, cintatanah air, dan relaberkorbansesuainilai-nilaisila
Pancasila 3.1 Mengidentifikasinilai-nilai Pancasila dalamkehidupansehari-hari 4.1 Menyajikanhasilidentifikasinilai-nilai Pancasila
dalamkehidupansehari-hari |
1.1.1 Mengamalkannilai-
nilaipancasila. 2.1.1 Menunjukansikapyangssesuaidengannili-nilaipancasila. 3.1.1 Identifikasiperilaku yang
sesuaidengannilai- nilaipancasila. 4.1.1 Membuatlaporanperilaku
yang sesuaidengannilai-
nilaipancasila. |
· Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila |
• Membuat laporan
tentang perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila • Mengidentifikasi
perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila |
Sikap: • Jujur • Disiplin • Tanggung Jawab • Santun • Peduli • Percaya diri • Kerja Sama Jurnal: • Catatan pendidik tentang sikap peserta didik
saat di sekolah maupun informasi dari orang lain Penilaian Diri: • Peserta didik mengisi daftar cek tentang sikap
peserta didik saat di rumah, dan di sekolah Pengetahuan Tes tertulis • Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam
bacaan. • Mengembangkan ide pokok menjadi sebuah
paragraf. • Mengamati gambar berbagai kelainan tulang
sebagai salah satu organ gerak manusia. • Mengolah informasi dari bacaan dan menentukan
ide pokok dari setiap paragraf. • Mengidentifikasi potensi kekayaan alam bangsa
Indonesia. • Mengidentifikasi pengaruh kondisi geografis
bangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan terhadap kondisi sosial
dan ekonomi masyarakat. • Mengidentifikasi pengaruh kondisi geografis
Indonesia terhadap budaya masyarakat. • Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dan tidak
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. • Mengidentifikasi macam-macam kelainan,
gangguan, atau penyakit pada otot. • Menentukan ide pokok dari masing-masing
paragraf. Keterampilan Praktik/Kinerja • Menyebutkan dan menunjukkan berbagai jenis
tulang sebagai organ gerak pada manusia. • Membuat model penderita kelainan tulang. • Membuat kliping pengaruh kondisi geografis
bangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan terhadap kondisi sosial
dan ekonomi masyarakat. • Membaca dan menulis, serta menentukan ide pokok
dari bacaan. • Membuat laporan tentang perilaku yang seusai
dengan nilai-nilai Pancasila. • Menyebutkan asal daerah beberapa identitas
budaya. • Menyebutkan nama bandara dan pelabuhan yang ada
di Indonesia. • Menemukan ide pokok bacaan tentang geografis
Indonesia. • Membuat komik. • Menyebutkan macam-macam gerak otot. • Menemukan ide pokok masing-masing paragraf. • Menggambar gambar cerita. • Menggambar komik sesuai teks. |
24 JP |
·
Buku
Guru ·
BukuSiswa ·
Lingkungan |
|
Bahasa Indonesia |
3.1 Menentukan
pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis 4.1 Menyajikan
hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan,
tulis, dan visual. |
3.1.1 Menentukan ide pokoktiap-tiapparagraf pada
bacaan 4.1.1 Menulislaporan
ide pokokdaribacaan. |
·
Teks tentang organ gerak hewan dan manusia ·
Ide pokok dari paragraf ·
Cerita berdasarkan gambar |
• Menentukan ide pokoksetiap paragraph
dalambacaan • Mengembangkan ide pokokmenjadisebuahparagraf. • Mengolahinformasidaribacaan dan menentukan
ide pokokdarisetiapparagraf • Menggaliinformasidaribacaanuntukdituangkankedalambentukgambarcerita |
|||
|
IlmuPengetahuanAlam |
3.1 Menjelaskanalatgerak
dan fungsinya pada hewan dan manusiasertacaramemeliharakesehatanalatgerakmanusia 4.1 Membuat
model sederhanaalatgerakmanusiaatauhewan |
3.1.1 Menyebutkanmacamgerakototmanusia 4.1.1 Membuatalatgerkamanusiadaritanahliat. |
Rangka organ gerakhewan (kelinci, burung, katak, ikan, dan kadal) Organ gerakhewan vertebrata dan hewanavertebrata Organ gerakmanusia: ·
Gambar tulang ·
Jenis Tulang ·
Fungsi Tulang ·
Manfaat organ gerak manusia Ototmanusia: ·
Bentuk
dan letakototmanusia ·
Macam-macamgerakotot ·
Kelainan/gangguan ototpadamanusia |
• Mengamatigambartulangmanusia • Menyebutkanberbagaijenistulangmanusia • Diskusimengenaifungsitulang pada manusia • Menyebutkankelainanototakibatkesalahangerak |
|||
|
IlmuPengetahuan Sosial |
3.1 Mengidentifikasikarakteristikgeografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/
maritim dan agrarissertapengaruhnyaterhadapkehidupanekonomi, sosial, budaya,
komunikasisertatransportasi 4.1 Menyajikanhasilidentifikasikarakteristikgeografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/
maritim dan agrarissertapengaruhnyaterhadapkehidupanekonomi, sosial, budaya,
komunikasisertatransportasi |
3.1.1 Mengidentifikasikekayaanalam dan keberagaman yang di milikibangsa
Indonesia. 4.1.1 Membuatklipingpengaruhkondisigeografibangsa
Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauanterhadapkondisisosial dan
ekonomimasyarakat. |
· Kondisigeografis Indonesia · Potensikekayaanalam Indonesia · Kepadatanpenduduktiapprovinsi · Keberagamanpenduduk di daerahtempattinggalnya · Kenampakanalam dan buatan · Keragaman flora dan fauna di
Indonesia · Kebudayaandaerah |
• Mengidentifikasipotensikekayaanalambangsa
Indonesia • Mengidentifikasipengaruhkondisigeografisbangsa
Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauanterhadapkondisisosial dan
ekonomimasyarakat • Membuatklipingpengaruhkondisigeografisbangsa
Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauanterhadapkondisisosial dan
ekonomimasyarakat • Menyebutkanasaldaerahbeberapaidentitasbudaya • Menjelaskanfungsibandara dan pelabuhan yang
ada di daerahnya • Mengidentifikasipengaruhkondisigeografis
Indonesia terhadapbudayamasyarakat |
|||
|
Seni Budaya dan Prakarya |
3.1 Memahami
gambar cerita 4.1 Membuat
gambar cerita |
3.1.1 Menceritakancerita yang ada pada gambar. 4.1.1 Membuatkomiksesuaiteks. |
· Gambarcerita/komiktentangorgan gerakmanusia |
• Membuatkomikatauceritabergambarberdasarkanteks |
|
Mengetahui Kepala Sekolah, |
Bandar Lampung, Agustus 2022 Guru
Kelas 5 |

Post a Comment for "Download SILABUS TEMATIK KELAS V Organ Gerak Hewan dan Manusia"